Kamis, 06 September 2012

[Preview] 5 Centimeters Per Second

“Do you know? The speed at which cherry blossoms fall… it's 5 centimeters per second.”


Huaaah, akhirnya aku bisa juga dapet video 5 Centimeters Per Second engsub!
Ceritanya ya sekitar setahun yang lalu iseng googling, soalnya lagi pengen banget nonton anime bertemakan persahabatan atau cinta pertama gitu. Awalnya bingung sih berhubung aku sendiri nggak tahu judul film yang mau aku cari, jadi saking putus asanya, dengan kata kunci "anime tentang persahabatan" aku search deh di page image terus nemu beberapa gambar anime yang cantik-cantik banget, dan usut punya usut gambar tadi dari film 5 Centimeters Per Second. Langsung deh aku cari link engsub-nya, tapi nggak nemu di Youtube *waktu itu aku cuma taunya download dari YT aja, hehehe udah deh aku langsung menyerah terus minta di cariin sama temen keponakanku. Langsung dapet sih dia-nya, tapi masalahnya aku nggak pernah punya kesempatan buat ketemu temen keponakan tadi *sama aja bohong kan -__- dan akhirnya persoalan anime tadi terlupakan, lagi-lagi aku tenggelam didunia Drama Korea dan per-SUJU-an. Setahun berlalu tanpa terasa dn beberapa hari kemaren iseng-iseng aku cari lagi, eh langsung nemu link-nya *asiiik dan anime ini kualitas gambarnya bener-bener keren, dan sesuai dengan harapan, aku emang suka banget jalan ceritanya.


Well, film anime ini sendiri terbagi dalam 3 part. Yang part 1 judulnya Oukashou (The Chosen Cherry Blossoms), yang ke-2 Kosmonauto (Cosmonaut) dan yang ke-3 Byousoku 5 Senchimehtoru  (5 Centimeters Per Second). Kalimat 5 Centimeters Per Second ini sendiri merupakan dialog pertama yang diucapkan oleh Shinohara Akari diawal film, yaitu tentang kecepatan jatuhnya bunga Sakura

Part 1 Oukashu
Tohno Takaki dan Shinohara Akari sama-sama murid yang baru pindah ke Tokyo. Saat itu mereka baru kelas 2 SD. Karena sama-sama murid baru dan merasa asing dengan lingkungan baru keduanya lalu menjadi dekat. Dan perlahan semakin mereka menjadi dewasa perasaan itu berkembang menjadi cinta, tapi saat mereka menginjak usia 13 tahun Akari harus pindah ke daerah Tochigi mengikuti ayahnya yang dipindah tugaskan. Saat itu baik Akari maupun Takaki sangat sedih, tapi walaupun mereka tinggal berjauhan tapi keduanya masih selalu memberi kabar, tak ada yang berubah, hanya saja mulai saat itu keduanya jadi susah untuk bertemu. Dan sayangnya disaat keduanya menginjak kelas 2 SMU giliran Takaki yang juga harus pindah ke daerah Kagoshima, jarak mereka pun sekali lagi semakin jauh.

Part 2 Kosmonauto
Di part 2 ini menceritakan kehidupan Takaki di sekolah barunya. Saat itu karena sudah jauhnya jarak dan waktu berjalan, hubungan Takaki dan Akari semakin merenggang. Karena kehidupan yang mereka jalani sekarang semakin berbeda. Dan tersebutlah Sumida Akane, teman sekelas Takaki yang diam-diam jatuh cinta padanya sejak hari pertama Takaki pindah ke sekolah mereka. Takaki selalu baik hati padanya, tapi Akane bisa merasakan bahwa hati Takaki tidaklah disitu. Sosok Takaki dimata Akane selalu terlihat begitu kesepian. Akane sangat sedih, ia tahu tak peduli betapa kerasnya ia berusaha tapi Takaki tidak akan pernah melihatnya.

Part 3 Byousoku 5 senchimehtoru
Di part terakhir ini diceritakan bahwa Takaki sudah dewasa dan bekerja di sebuah perusahaan. Ia masih saja dibayang-bayangi oleh cinta pertamanya, Akari. Tapi sayang saat itu Akari sudah bertunangan dengan orang lain.

Yeah, pokoknya sih inti cerita ini tentang kehidupan kita, manusia. Dalam kehidupan ada hal-hal yang nggak bisa kita kendalikan, yaitu nasib dan takdir. Sekuat apapun perasaan Takaki pada Akari, dia tetap nggak bisa apa-apa karena pada dasarnya mereka emang nggak berjodoh. Aku kasih 8 deh dari 10 point buat anime ini, terutama buat gambarnya yang oke punya.








Oya, buat temen-temen yang mau nonton juga bisa disini
Part 1 klik
Part 2 klik 
Part 3 klik



Gambar diambil dari adventuretvanime 
Sumber yusahrizal 
posted by : KYUNEE

2 komentar:

badcloud mengatakan...

Huwaaaa... anime inih kan yang bikin galau akuh berlipat2. Samaan, aku jugak dikasi dari taun kemaren ama temen. Masa puncak2nya kegalauan....

Sejak dikasi ama temen supaya disuru nonton, yang katanya supaya gak ngerasa galau sendiri, malah berefek berkali lipat rasa galaunya... (T_T)

Hukkzzz.. Hukkzzz.. Tapi walo gitu yah, tetep ajah nontoninnya berulang2. Dengan akhir yang sama: bikin nyesek gak kira2

KYUNEE mengatakan...

iya sih, emg filmnya bikin tmbh nyesek ya klo kita nntnny dlm keadaan galau. kshn bgt si Takaki, si Akane jg kshn kan :'(